Wednesday, September 01, 2010

Khatam Al-Qur'an tiga hari sekali, gimana caranya?

Sumber gambar
Assalamu alaikum wr. wb.

Selamat pagi teman-teman

Mengawali perjalanan saya dalam hal tulis-menulis khususnya di blog, pagi ini saya ingin bercerita tentang pengalaman beberapa hari kemarin yang sudah ga tahan pengen ditulis, tapi karena lupa dan lagi 'M' (Males), jadinya tertunda. Tapi sekarang alhamdulillah ada waktu dan ada niat, jadi ya saya tulis saja apa yang saya bisa dan mungkin perlu untuk teman-teman ketahui. Selamat menyimak ya.. :)

Oh ya, sebagai info, disini saya ditemani rekan saya Akhi Fulan yang aktif dan kritis, yang selalu punya bahan untuk didiskusikan. Mungkin bisa mewakili teman-teman sekalian..

LKK Dasar FBTM 2010
Selasa, 31 Agustus 2010 - 21 Ramadhan 1431 13:17
Hari ini saya berkesempatan untuk hadir dalam wawancara LKK Dasar FBTM 2010 IM Telkom, seperti perkiraan saya, peserta yang hadir jumlahnya sangat banyak, lobby kampus seperti penuh dengan kumpulan calon peserta, mereka semua duduk membentuk lingkaran terdiri dari 5-8 orang. Tapi setelah saya telusuri, ternyata sebagian adalah mahasiswa tingkat atas.. hoho.
Saya lantas bertanya pada seseorang yang wajahnya tidak asing, kang Ryan Alfonso, yang OKMB kmaren jadi Danlap I.
"Punten kang, LKK dimana ya?"
"Oh, itu, disitu (sambil menunjuk ke arah kerumunan di depan ruang DPM FBTM)", jawab kan ryan.
"Makasih kang"
"iya, iya"

A Moment before... [13:17 @ Masjid Al-Murasalah]
Wawancara bertempat di ruang DPM FBTM IM Telkom, mulai pukul 13.00-17.00. Setelah shalat dhuhur berjama'ah di Murasalah, saya bergegas mengambil tas dan jaket untuk kemudian saya taruh di dekat rak Al-Qur'an. Lhoh? ga langsung ke lobby mas, kan udah mulai?. Ga papa, toh baru mulai kan, telat dikit demi pahala bulan Ramadhan boleh lah.. :) pengen 'ngadem' dulu, baca Al-Qur'an 1 juz, siapa tahu dengan begitu allah menurunkan hidayah-Nya, dan saya bisa dengan lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan nanti. Amin.. :D
Sudah seminggu kemarin saya berniat mengkhatamkan 10 juz terakhir, dan target saya tanggal 1 september saya harus sudah mulai dari awal. Karena sekarang baru dapet 21 juz (itu juga lanjutan dari seblum Ramadhan..hhe) jadi saya harus 'ngebut'.
Seperti yang pernah disampaikan seorang Ustad dalam ceramahnya Ba'dha dhuhur di Murasalah, bahwa para sahabat rajin sekali dalam hal tadarus qur'an di bulan Ramadhan, ada yang khatam 3 kali (10 hari sekali), ada yang 2 minggu sekali; 3 hari sekali; bahkan ada yang khatam setiap hari. Subhanallah, setiap hari? gimana caranya? saya tertarik untuk mencoba, tetapi kalau melihat kondisi saya sekarang, sepertinya khatam tiap hari perlu latihan dan waktu khusus. *Sok sibuk
Akhirnya, saya melihat kepada pilihan 3 hari sekali. Ternyata, strategi yang diusulkan oleh pak Ustad supaya bisa khatam dalam 3 hari adalah membaca 10 juz tiap hari.
*Iya ya, 3x10 = 30.. masuk akal juga :)
Lalu, bagaimana bisa dapat 10 juz dalam sehari?? 1 juz saja kadang kelihatan banyak (maklum baru terbiasa tadarus waktu pesantren kilat) -_-a
Strateginya cukup sederhana, dalam satu hari kita diwajibkan shalat 5 waktu kan? istilahnya Shalat Maktubah (diwajibkan) - Kata pak Ustad
Nah, antara satu waktu shalat dengan waktu lainnya pasti ada jarak yang cukup untuk membaca 1 juz, taruhlah antara shubuh dan dhuhur, kan lumayan tuh ada waktu 8 jam. Biasanya, menurut penuturan rekan-rekan, satu juz bisa memakan waktu kira-kira 1 jam.
*Wah, bisa dapet 8 juz tuh, mantap!!.. tapi, eit, emang lu gak kuliah, trus mandi, sarapan (woy, puasa woy.. oh ya, maaf..hehe :D), dsb..
'Tenang-tenang.. boleh juga tuh, tapi kalo lagi banyak waktu, misal libur ato emang dosen ga masuk, bisa tuh.. Tapi klo masuk? lagian siapa yang bilang semuanya dipake tadarus, realistis dung.. mentang-mentang 8 jam trus tinggal dikali 8.. Antara dunia dan akhirat harus seimbang, jadi, dalam waktu 8 jam itu, pilih waktu yang paling pas dan gunakan waktu-waktu senggang untuk tadarus 1 juz. Misalkan, habis shubuh kita bisa baca setengah juz, lalu mandi dan siap-siap berangkat kuliah 
*rajin amat, kita sih, habis shubuh langsung tidur.. 
'kita?? loe aja kali gue enggak..hehe.  becanda koq.. aku juga kdang tidur habis shubuh, hehe.. masih belajar istiqamah.. :)
Sayang klo habis shubuh langsung tidur, tahu kenapa? karena ada hadits Rasulullah yang diriwayatkan dari sahabt Anas bin Malik berbunyi begini:

“Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda” “Barangsiapa shalat Subuh berjamaah, kemudian ia duduk untuk zikrullah sehingga matahari terbit, setelah itu ia solat dua rakaat, maka ia akan memperoleh pahala seperti menunaikan ibadah umrah yang sempurna.” (Hadis riwayat al-Tirmizi). 

Wah, mangstap kan? buat kita yang belum mampu pergi haji, gak perlu takut, kita bisa lakukan ini setiap hari dan Insya Allah suatu saat kita akan diberi kesempatan untuk pergi haji sugguhan..amin.. :)
So, selagi kita duduk di masjid sehabis shalah shubuh kita bisa kan baca al-qur'an, minimal 1 surat, ga sampe 10 menit.
*buset, cepet amat.. iya tau, lu pinter ngaji...
'eits, ngga kok. Ya, kan cuman kira-kira...

Habis itu kita mandi, ganti baju, sarapan... (woy, dibilangin puasa, sarapan mulu.... 'eh, iya, aduh lupa.. thanks udah ngingetin ya..hehe :D )

Sesampainya di kampus, kalo datang tepat waktu, kita bisa manfaatkan waktu yang ada sambil nunggu dosen datang, buat lanjutin baca beberapa surat lagi. 
*Gengsi dong ah, masa di kelas baca qur'an, kayak ustad aja...
'Eh, jangan salah, bukan cuman ustad yang boleh baca qur'an di kelas, kita juga boleh dong.. masa, pahala baca qur'an cuman monopoli ustad, enak dung.. kita kan juga pgen dapet pahala, iya ga? :) biar yang lain baca novel, komik, ngerjain tugas, dll kita boleh dong baca qur'an, lagian ga nganggu jg kan.. Kecuali kita mbacanya keras-keras kaya kampanye ketua.. O_O

Oke, lanjut.. jadi kita udah dapet berapa juz?? *Satu aja blum..-
'ga papa, itu udah langkah yang bagus, ngga semua orang lo bisa dapet separuh juz dalam satu hari, tinggal melanjutkan.. ;)

Misal kita dapet separuh juz sebelum dhuhur, kita bisa selesaikan setengahnya setelah dhuhur, antara dhuhur-ashar waktunya juga cukup tuh buat 1 juz lagi (kalau bener-bener mau)...
*Habis dhuhur mah gua ke kantin, makan bro....
'LHah itu, tadi gua gak boleh sarapan, kok lu sekarang makan siang? puasa puasa...'
*hehe.. laper neh, tadi ga sahur sih...
'Hm.. dasar, besok-besok tidur jgn malem-malem byr bisa bngung sahur.. perlu gua bangunin nih?'
*Hehe, ngga makasih.. iya deh, besok gua bangun sahur.. ga enak juga klo ga puasa sendiri..
'iya kan.. oh ya, tahu ga sebenernya ga segampang itu lo, ninggalin puasa, harus ada sebab-sebab khusus yang dibenarkan syariat, yaitu rukhsah (keringanan) yang ada lima sebab:
1.Musafir (bepergian jauh)
2.Haidh dan nifas
3.Lansia (Kakek nenek yang udah tua banget)
4.Wanita hamil dan menyusui
5.Sakit (sakit yg klo puasa malah jadi tambah parah)

'Nah.. kira-kira dari 5 sebab tadi, lu masuk ga? musafir.. nah lu ngekos dket sini, haidh, hamil.. emang ya gitu? impossible dh.. Lansia, lu masih seger gini.. Sakit, punya sakit apa? klo cuman pilek demam sih, ga masuk...
*hmm.. iya ya.. tpi klo sakit perut gitu, gimana?
'ya lihat dlu, klo cuman gra2 mencret kebanyakan makan sambel sih ga bisa, tpi klo yg lumayan kya mag akut, gastritis, dll bisa..
*Eh, gue penah kena mag lo, gimana tuh..
'Bneran? skarang masih?
*enggak sih.. udah lama..hehe
'tuh kan... ya klo emang khawatir kambuh, lebih baik ga puasa dlu, ato konsultasikan ke dokter ato ustad yg kamu kenal.
*iya deh, ga seberapa parah kok, aku mau lanjutin ampe maghrib, tanggung udah jam segini...
'Alhamdulillah.. nah, gitu dung, jagoan.. d=n_n
*oke2..hehe

Jadi, setelah kita dapet satu juz dlam waktu shalat dhuhur, kita bisa lanjutin waktu shalat ashar, waktunya hampir sama kan. Terus, bisa dapet 1 juz lagi waktu maghrib.. kan udah makan tuh, pasti semangat dung.. Nah, apalagi waktu habis Isya, sebelum trawih sempetin baca beberapa surat, habis trawih kita bisa dapet lebih banyak, semalam suntuk bisa dapet 5 juz lo, bahkan lebih..

Singkatnya, biar bisa dapet 10 juz dalam waktu sehari, caranya kita baca 1 juz setiap waktu shalat 5 waktu, bisa sebelum maupun sesudahnya, atau dua-duanya. Anggaplah kita dapet 1 juz tiap waktu shalat, kita dapet 5 juz. Masih 5 juz ya? iya.. klo mau bener-bener 10 juz, kita tambah jadi 2 juz (sebelum dan sesudah shalat), atau kita perbanyak waktu malemnya, syukur-syukur bisa begadang sampe shubuh.. :)

Oke teman-teman, sedikit cerita dari saya supaya kita lebih termotivasi buat memperbanyak baca al-Qur'an di bulan Ramadhan ini, karena padalanya lebih banyak. Tahu ga klo pahalanya itu bukan diitung per 1 kali baca, ato per kata, tapi per huruf! ya.. misalkan kita baca "Alif Laam Mim", itu udah diitung 3. belum bismilah, surat al-baqarah, dll. Pasti banyak banget kan, buat yang pinter ngitung, silahkan hitung sendiri deh! :D

Nah, setelah selesai baca 1 juz, saya lantas menuju lobby kampus 1 di Gegerkalong untuk wawancara. Ternyata saya kebagian no.urut 39. Alhamdulillah mendekati waktu ashar, jadi shalat ashar dulu, dan ada waktu buat nambah 1 juz lagi. Udah dapet 2 juz, kan? :)

Info selengkapnya follow twitter @hipmiptimtelkom
Waktunya ga lama, cuma 15 menit, setelah itu kurang lebih pkul 16.20 saya bersama rekan-rekan dari MBTI Inter naik ke lantai 3 tempat Open House HIPMI PT IM Telkom. 
Wah, disini saya ketemu banyak pengusaha-pengusaha muda yang memunculkan aura positif dan semangat sepanjang pertemuan itu.
Saya ketemu teman baru, bahkan dapat referensi baru, gimana menjadi pengusaha dan serba-serbinya bakal kita dapet disini. So, buat yang pengen jadi pengusaha, atau pengen tahu sih wirausaha itu? gabung aja di HIPMI, khususnya buat mahasiswa IM Telkom bisa ikut Open Recruitment tanggal 2-3 September 2010 di Kampus Gegerkalong dan Dayeuh Kolot. Info selengkapnya baca di mading ya ato follow twitter @hipmiptimtelkom.

Semangat!
semoga bermanfaat

Wassalamu alaikum wr. Wb.

Bandung, 22 Ramadhan 1431H - 07.00 AM Via Ujung Berung

No comments:

Post a Comment

Popular Posts